Friday, December 28, 2012

Contoh - Contoh Mitos di Masyarakat versi Tribun Mandomai

Inilah contoh - contoh mitos atau pamali di sekitar tempat tinggal saya ( Mandomai, Kapuas, Kalimantan Tengah ).

  1. Tidak boleh menyapu menggunakan sapu lidi saat malam hari, karena bisa menyebabkan datangnya hantu. 
  2. Tidak boleh memantulkan sinar cahaya matahari menggunakan cermin ke rumah atau di dalam rumah, karena dapat menyebabkan rumah tersebut bisa terjadi kebakaran.
  3. Jika sedang terjadi hujan deras dengan banyak sekali petir menyambar, sebaiknya cermin-cermin di dalam rumah harus ditutup, supaya cerminnya tidak memantulkan petir ke dalam rumah.
  4. Biasanya terjadi dalam kemasan botol obat sirup atau juga ada botol minuman, yaitu jangan minum menggunakan tutup botolnya karena dapat menyebabkan kebodohan atau otak tumpul.
  5. Ini sering dilakukan teman-teman saya saat kami masih SD dan SMP, misalnya jika kaki saya tidak sengaja terinjak oleh kaki teman saya, maka saya diminta untuk balas menginjak kakinya, karena katanya jika kaki tidak sengaja terinjak bisa menyebabkan orang tua yang kakinya diinjak akan meninggal.
  6. Tidak boleh walaupun dengan sengaja mengenakan pakaian (baju atau celana) terbalik (bagian baju didalam jadi diluar dan sebaliknya, karena bisa menyebabkan menjadi gila. 
  7. Tidak boleh duduk di depan pintu saat maghrib, karena bisa menyebabkan kita akan melihat sesuatu yang lewat - lewat ( hantu ). 
  8. Tidak boleh juga duduk didepan atau ditengah pintu, karena bisa menyebabkan lambat menikah/ lambat dapat jodoh. 
  9. Jangan mandi sesudah baru selesai makan, karena bisa menyebabkan perut kembung/ buncit. 
  10. Tidak boleh memotong kuku pada malam hari, karena bisa menyebabkan rezeki hilang 40 hari dan menjadi anak yatim piatu. 
  11. Tidak boleh menggendang-gendangkan meja, karena bisa menyebabkan orang tua banyak utang. 
  12. Tidak boleh meletakkan baju/ pakaian di atas tempat duduk/ jok sepeda motor, karena bisa menyebabkan si pengendara atau yang punya motor kecelakaan. 
  13. Tidak boleh masuk/ keluar rumah lewat jendela, karena bisa menyebabkan rumah akan kemasukan maling. 
  14. Tidak boleh bersiul di malam hari, karena bisa menyebabkan datangnya makhluk halus. 
  15. Kalau makan harus dihabiskan, kalau tidak habis atau ada sisanya di piring, bisa menyebabkan ayam kita mati. 
  16. Tidak boleh memukul - mukul benda keras atau misalnya membuat sesuatu yang menggunakan palu/ paku sehingga menimbulkan suara ketukan benda keras pada malam hari, karena bisa mengundang datangnya makhluk halus. 
  17. Hindari terkena air hujan panas atau harinya hujan/ gerimis tetapi langit masih cerah, karena bisa menyebabkan kita bisa terserang penyakit. 
  18. Hati - hati keluar rumah saat maghrib atau senja yang langitnya berwarna jingga pekat, karena saat itu tempatnya hantu - hantu bergentayangan. 
  19. Jangan main petak umpet pada waktu maghrib dan malam hari, karena bisa disembunyikan setan. 
  20. Tidak boleh berkumur-kumur menggunakan tenggorokan ( bukan didalam mulut ) yang mengeluarkan suara seperti 'rrroookkk', karena perbuatan itu bisa mengundang datangnya ular. 
  21. Tidak boleh memfoto orang yang sedang tidur/ berbaring, karena orang yang difoto akan bisa cepat meninggal. 
  22. Kalau berfoto, tidak boleh bertiga, karena orang yang diposisi tengah pada foto bisa meninggal. 
  23. Dalam sesi foto wisuda bersama keluarga, berfoto harus dengan jumlah orang yang genap, misalnya berdua, berempat, berenam, kalau ganjil misalnya bertiga, berlima, dan seterusnya itu tidak boleh. saya juga masih belum paham kenapa jadi tidak boleh.
  24. Kalau anda membawa makanan dalam perjalanan jauh atau pada malam hari, sebaiknya letakkanlah sedikit daun - daunan di dekat makanan tersebut agar di dalam perjalanan tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan.
Itulah beberapa contoh mitos - mitos yang saya ketahui, benar atau tidaknya, kembali lagi kepada kepercayaan kita masing-masing.           

4 comments:

  1. Kalau saya sih di sini ada sedikit persamaan , yang meletakan baju tuh cuma kalau disini ga bolehnya pas di atas tempat setirnya, karena saya pernah ga sengaja meletakkan baju jas hujan padahal itu diatas setir sepeda motor ditegur langsung sama warga situ, saya sendiri juga aga bingung juga, bener bener dilema, saya khawatir jatuh jadi syirik kalau saya membenarkan , sebenarnya kan yang tahu takdir manusia akan kecelakaan ya Allah, cuma ya kalau saya membantah khawatirnya kejadian beneran, cuma kalau perkara calon pengantin yang dipingit alhamdulillah saya sudah membuktikan itu tidak benar, karena saya sendiri sebelum pernikahan yang beberapa persennya yang hunting kesana sini mengurus, alhamdulillah tidak ada kejadian kecelakaan itu, alangkah baiknya kita tawakal dan berserah diri saja sama sang Khalik supaya yang menjadi mitos tidak beneran terjadi.

    ReplyDelete